BBM Tak Bersubsidi ??

BBM Tak Bersubsidi ??

Bulan Oktober 2010 ini pemerintah merencanakan membatasi subsidiuntuk BBM. Bahkan memberikan batasan pemberian subsidi untuk mobilproduksi tahun 2005 ke atas. Alasan pemerintah adalah untuk mengurangidefisit APBN.
Kebijakan untuk membatasi subsidi bagi mobil-mobil keluaran di atastahun 2005 jelas hal yang aneh. Kenapa demikian? Artinya mobil-mobiltua lah yang akan mendapat jatah subsidi. Secara logika, bukankahjustru mobil-mobil tua yang menggunakan BBM lebih banyak di bandingmobil keluaran terbaru ??
Dan artinya, minat masyarakat akan mobil-mobil bekas semakinmeningkat. Yang bermasalah pasti bukan karena bekas pakai. Tapi,seperti yang kita ketahui mobil-mobil bekas itu adalah mobil-mobil tuayang di negara-negara lain justru tidak dipakai lagi, karena polusiyang ditimbulkan.
Kemungkinan selanjutnya adalah terjadinya penjualan BBM ‘gelap’.Modus operandinya adalah dengan membeli BBM dengan mobil tua. Laludikumpulkan dan dijual lagi kepada pemilik mobil-mobil ‘muda’. Bukankah ini justru menimbulkan masalah baru ?
Maka jelas lah sudah ‘dosa-dosa’ pemerintah pada kebijakan baru ini.
Pertama, pemerintah tidak pernah berpikir jangka panjang dalam membuatkebijakan. Jangankan untuk memikirkan dampaknya bagi masyarakat.Efektifitas pun sama sekali tidak tersentuh.
Kedua, pembatasan BBM tidak berpengaruh besar terhadap APBN.Pembatasan subsidi yang ada hanya akan mengurangi defisit. Tidakmeniadakan defisit dalam anggaran. Dan untuk menambalnya, pemerintahmemerlukan hutang baru.
Maka, saat ini yang diperlukan adalahsolusi yang menyeluruh dan mendasar yang akan menyelesaikan seluruhpermasalahan yang ada tanpa menimbulkan masalah baru. Memenuhi hak-hakhidup dan menjamin kesejahteraan.
BBM (Bahan Bakar Minyak) sejatinya adalah hak setiap warga Negara.Dalam Islam yang namanya hak setiap warga maka akan diberikan secaragratis atau dengan harga yang semurah-murahnya sehingga setiap wargaakan dengan mudah mendapatkannya.
“ Umat Islam berserikat dalam tiga perkara: air, padang rumput dan api (energi). “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: