Dewan dan KNPI Mengawasi

Pelaksanaan tes CPNS tahun 2010 ini menjadi perhatian wakil rakyat diDPRD dan organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Komite NasionalPemuda Indonesia. Demikian pula pada pelaksanaan tes tertulis Minggu(21/11) kemarin, anggota dewan dari Komisi A atau I DPRD turunmengawasi pelaksaan tes peserta CPNS, begitu juga DPD KNPI ProvinsiBabel.
Ketua Komisi A DPRD Kota Pangkalpinang, M Rusdi SE kepada wartawanmenjelaskan, pihaknya akan mengawasi kegiatan penerimaan CPNS tahun2010 ini dari hulu ke hilir. Ia menilai kegiatan yang dilaksanakan olehpanitia tingkat kota sudah bagus, namun jangan sampai tercemar ketikapenilaian atau pengkoreksian di Bandung.
“Kita akan kawal hingga ke Bandung, termasuk bersama Inspektorat danBKD Kota Pangkalpinang. Jangan sampai semua yang sudah tercemar, hancurakibat segelintir orang ketika pengkoreksian,” tandas Rusdi.
Rusdi juga menerangkan hal ini dilaksanakan oleh Komisi A DPRD KotaPangkalpinang, untuk menghindari isu yang ada di masyarakat. Bahwapenerimaan CPNS masih bisa mengggunakan system titipan dan sebagainya.Oleh sebab itu, Komisi A akan memantau secara langsung pengkoreksian diBandung ketika penyerahan Lembar Jawaban Kusioner (LJK) ke Bandung.
Terkait pernyataan walikota untuk membentuk Perwako untukmengantisipasi keluarnya CPNS atau PNS ke daerah masing-masing melaluiproses mutasi, Komisi A kata Rusdi sangat setuju, karena hal ini sangatpenting.
“Komisi A setuju sekali, sebab kosongnya formasi di Pemkot akibatnyabanyaknya PNS yang minta mutasi. Oleh sebab itu, wacana walikota untukmembuat pernyataan tersebut kita dukung sekali. Jangan sampaiPangkalpinang ini seperti dikatakan Walikota, hanya sebagai batuloncatan saja,” terangnya.
Sementara DPD KNPI Babel dalam keterangan persnya menyatakan telahmelakukan pengawasan terhadap jalannya ujian seleksi CPNS di berbagailokasi di kabupaten/kota. Baik untuk perekrutan pemerintahankabupaten/kota maupun Pemerintah Provinsi Babel.
Pengawasan sendiri dilakukan dengan membagi zona kerja dikabupaten/kota untuk diawasi perwakilan dari anggota DPD KNPI Babel.Setiap zona itu terdiri dari 5 orang perwakilan anggota KNPI.
Di SMAN 1 Pangkalpinang misalnya, Sekretaris DPD KNPI Babel, Fahrizankemarin melakukan pengawasan di zona Gerunggang, bersama dengan WakilKetua Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga, Farizandy Harris, WakilKetua Bidang Seni dan Budaya, Tatang Hidayat, Putra Jasa Altolika danEli Trijasari.
Farizandy menyebutkan, pengawasan ini selain merupakan tindak lanjutdari hasil audiensi KNPI dan DPRD juga merupakan inisiatif pengurus DPDKNPI Babel. Hal ini guna memantau terjadinya kecurangan–kecuranganserta adanya peserta yang menggunakan joki.
Soal isu yang berkembang harga pasaran untuk satu kepala CPNS mencapaiRp100 juta, Farizandy dengan tegas mengatakan kabar itu sampai sekarangbelum mereka dapatkan dari hasil pengawasan. Dia pun perlu menjelaskan,kalau sampai mengiyakan rumor tersebut dia tidak mau dicap sama denganWakil Gubenur Babel yang hanya memanfaaatkan isu populis dengan mudahmengenyampingkan ‘stabilitas’.
Bahkan Fariz mengingatkan, kalaupun sudah menjadi pernyataan resmiKetua KNPI dalam forum audiensi dengan DPRD Babel belum lama ini,mereka meminta agar dewan memanggil Wagub untuk memprtanggungjawabkanpernyataan tersebut. Bahkan kalau memang tidak bisamempertanggungjawabkanya wagub diminta dengan legowo untuk mundur darijabatannya.
“Alhamdulillah dari hasil pengawasan kita di SMAN 1 kemarin segalasesuatuanya berjalan lancar. Dari 120 soal peserta memang hanyamemiliki waktu 120 menit,” katanya.
Sedangkan Fahrizan menambahkan, hasil pengawasan KNPI diantaranya soaltes SMK sampai sarjana dibuat sama. Lalu LJK yang dulunya dilingkarpada tahun ini disilang yang menandakan adanya indikasi calo di tingkatpengoreksian. Ditemukan pula ada lembar jawaban yang sudah diberititik-titik kecil. Dan temuan terakhir soal ujian tampak seperti difotocopy. (df/red/1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: